Profil Sekolah Menengah Atas (SMA) Al-Muhajirin

 

SMA Al-Muhajirin merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang turut serta dalam membangun peradaban bangsa, dengan visi sebagai sekolah unggulan berbasis integrasi imu. Sekolah berlingkungan Pesantren ini berdiri pada titik strategis Kota Purwakarta, tepatnya pada lintasan jalan utama yang menghubungkan dua kota besar, yaitu Bandung dan Jakarta. Tepatnya di Jalan Veteran 155 Nagri Kaler Purwakarta, sekolah swasta ini berdiri tegak mengusung identitasnya sebagai Sekolah Islam. Meski berlabel swasta, namun sekolah yang bernomor telpon (0264) 216763 ini memiliki segudang keunggulan yang tidak bisa diragukan lagi. Salah satu faktor pendorongnya adalah dengan tercapainya nilai Akreditasi A (Sangat Baik) dari Tim Asesor Badan Akreditasi SMA/MA Provinsi Jawa Barat.

Menurut catatan sejarah, sekolah yang berdiri 12 tahun lalu ini, telah dipimpin oleh empat orang Kepala Sekolah sampai sekarang. Diantara nama-nama yang telah menorehkan jasanya bagi sekolah ini adalah Drs. Misbah (1999-2000), Drs. Ramadi (2000-2004), Enjang Bahrudin, S.Ag. (2004-2009), dan sejak 11 Juli 2009, SK nomor 48/YM/SK.VII/2001 memutuskan bahwa sekolah yang diselenggarakan oleh Yayasan Al-Muhajirin ini dipimpin oleh H.R Marpu Muhidin Ilyas, M.A.

PadaTahun Pelajaran 2011/2012 ini, SMA Al-Muhajirin tengah dibina dan terus dikembangkan oleh 35 orang tenaga pengajar yang memiliki latar belakang dari berbagai macam disiplin keilmuan, baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Dalam Negeri, maupun di Luar Negeri.  Tenaga pengajar tersebut terdiri dari 19 orang Guru Tetap Yayasan (GTY), 7 orang Guru Tidak Tetap (GTT), 3 orang Pegawai Tetap, dan 6 orang Tenaga Administrasi (PTT).

Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, SMA Al-Muhajirin telah memiliki lebih kurang 887 orang peserta didik, yang berdomisili di sekitar Kabupaten Purwakarta, Subang, Karawang, Bekasi, Bandung, dan daerah lainnya. Berdasarkan data yang ada, jumlah peserta didik per tahun pun terus mengalami peningkatan. Tercatat pada Tahun Pelajaran 2008/2009, jumlah siswa sebanyak 164 orang. Pada tahun 2009/2010 meningkat menjadi  201 orang. Pada Tahun Pelajaran 2011/2011 menjadi 234 orang, dan pada Tahun Pelajaran 2011/2012, jumlah peserta didik yang menuntut ilmu di sekolah ini sebanyak 288 orang. Dari peningkatan jumlah peserta didik dari tahun ke tahun ini menunjukkan, bahwa SMA Al-Muhajirin telah dan senantiasa melakukan  peningkatan, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Kendati memiliki gedung sekolah milik sendiri, sekolah yang belakangan meraih beberapa prestasi baik di tingkat Lokal maupun Nasional ini secara leluasa dapat mengurus sarana dan prasarananya sendiri dengan baik. Dengan 7 Ruang Kelas, 1 Ruang Kepala, 1 Ruang Guru, 1 Ruang Tata Usaha, 1 Ruang Laboratorium, 1 Ruang BP,  1 Ruang Mesjid, dan 1 Ruang Multimedia, SMA Al-Muhajirin telah, tengah, dan akan terus mengelola dan mengembangkan fasilitas tersebut agar tetap berada dalam keadaan baik dan menjadi semakin baik.

Berbekal segudang prestasi yang telah ditunjukkannya, melalui Proses Belajar-Mengajar  yang menyenangkan, Program Ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat siswa, serta semangat optimisme yang kian membara, SMA Al-Muhajirin bertekad kuat mampu menyongsong cerahnya masa depan, demi terwujudnya misi Pondok Pesantren Al-Muhajirin sebagai atap yang diusung dari konsep pendidikannya, yaitu terwujudnya Mu’min Sholihin,Imam Al-Muttaqien, dan  Ulama’ Al-Amilin.     

 

4 responses »

  1. Caesar Azei mengatakan:

    well, a great Islamic education collage. how about international standard?

  2. fsrij mengatakan:

    6 tahun sudah bertempat tinggal dikawasan ini

  3. farij mengatakan:

    sangat indah, menyenangkan,
    asyik kaya ditasik……..

  4. flasindah mengatakan:

    banyak perubahan yang terjadi, dari fasilitas, keilmuan, dan banyak lagi .
    aku bangga telah bersekolah di al-muhajirin . tak penah kulepaskan sesal .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s