Mata Pelajaran Tafsir Ilmi adalah mata pelajaran yang dirancang sebagai integrator untuk mewujudkan visi SMA dan MA Al-Muhajirin sebagai sekolah yang berbasis integrasi ilmu. Integrasi ilmu adalah visi yang menginginkan terjadinya relasi, asosiasi, dan kesatuan semua mata pelajaran dengan nilai-nilai tauhid. Dengan adanya pola hubungan seperti itu, semua mata pelajaran diharapkan bisa mengantarkan peserta untuk mengenal Allah swt (ma’rifat). Ma’rifat inilah yang akan menjadi motivasi terbesar peserta didik untuk berakhlakuk karimah (berkarakter) sesuai dengan pesan-pesan Al-Qur’an dan Sunah Nabi Muhamad saw.

Kajian mata pelajaran ini adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang mengandung informasi kemukjizatan saintifik. Kandungan tersebut bisa secara langsung dan tersurat ataupun secara tidak langsung berupa isyarat (isyari). Kemukjizatan Saintifik adalah berita-berita Al-Qur’an tentang fenomena-fenomena alam dan kehidupan yang akurasi informasinya dikuatkan dan dibenarkan oleh temuan riset sains modern. Dengan kata lain informasi Al-Qur’an tentang sebuah fakta ilmiah jauh lebih awal mendahului temuan riset sains modern tentang hal tersebut.

Namun demikian, penting dicatat bahwa mata pelajaran Tafsir ‘Ilmi tidak dimaksudkan untuk mengukur kebenaran Al-Qur’andengan sains. Sebab Al-Qur’an adalah wahyu Allah, sedangkan sains adalah kreatifitas akal manusia. Misi mata pelajaran ini adalah untuk mengenalkan kebenaran dan keagungan Al-Qur’an sebagai wahyu Allah yang setiap informasinya pasti benar dan tepat. Sains adalah salah media untuk menemukan kebenaran tersebut.

Dalam memetakan tema kajiannya, mata pelajaran ini merujuk kepada pemikiran ulama pakar kajian kemukjizatan Al-Qur’an, yaitu Prof. Zaghlul An-Najar seorang pakar geologi yang telah puluhan tahun mengkaji dan mengenalkan tema i’jaz ‘ilmi atau kemukjizatan saintifik Al-Qur’an. Buku beliau, Mukhtaaraat min Tafsiiri Ayaat Al-Kauniyah fil Qur’anil Karim menjadai referensi primer mata pelajaran ini. Begitupun kajian DR. Abd Daim Al-Kahiil, pakar kemukjizatan ilmiah Al-Qur’an lainnya, dalam websitnya http://www.kaheel7.com banyak menjadi rujukan. Buku lainnya adalah Mausu’ah Al-I’jza Al-Qur’ani karya DR. Nadiah Thayyarah.

Kompetensi Yang Harus Dimiliki Siswa

1. Meyakini Kebenaran Al-Qur’an secara ilmiah (logis dan empiris)
2. Menunjukkan rasa bangga sebagai muslim dengan berkitab suci Al-Qur’an
3. Memiliki motivasi tinggi untuk menerapkan pesan-pesan Al-Qur’an dalam kehidupan
4. Membacakan ayat Al-Qur’an dengan baik dan benar tanpa melihat mushaf
5. Menjelaskan temuan ilmiah (hasil riset sains modern) yang berkaitan dengan tema kajian ayat
6. Menemukan asosiasi (hubungan) ayat dengan hasil riset sains modern
7. Menguraikan kata kunci dalam ayat Al-Qur’an yang menyebutkan atau mengisyaratkan kemukjizatan ilmiah Al-Qur’an
8. Mempresentasikan hasil kajian dalam bentuk slide atau mind map

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s