Tadi kan udah tau caranya menebak pikiran and menebak umur. Nah, biar lebih hebat lagi sekarang aq kasih tahu juga caranya menebak umur plus menebak jumlah anggota keluarga dengan aritmatika, gimana ? keren kan !

Caranya gimana ? gini nih …
1. Coba minta teman mengalikan umurnya dengan 2
2. Terus, tambahkan dengan 10
3. Kalikan 5
4. Selanjutnya, minta dia untuk menambahkan dengan jumlah anggota keluarga
5. Terakhir, kurangi 50
Tanyakan hasilnya pada temanmu tadi

Umur teman kita adalah bilangan dari digit ratusan dan puluhan. Sedangkan banyak anggota keluarga adalah digit satuan-nya. Masih bingung ? oke gini nih ilustrasinya :

Umur teman kita adalah bilangan dari digit ratusan dan puluhan. Sedangkan banyak anggota keluarga adalah digit satuan-nya. Contoh :

1. Pikirkan umurmu ( misalnya : 17 )
2. Kalikan dengan dua ( 17 x 2 = 34 )
3. Tambahkan dengan 10 ( 34 + 10 = 44 )
4. Kalikan dengan 5 ( 44 x 5 = 220 )
5. Tambahkan dengan banyak anggota keluarga ( 220 + 5 = 225 )
(misalnya jumlah anggota keluarga 5)
6. kurangilah dengan 50 ( 225 – 50 = 175)

Nah dari contoh di atas 175, angka 17 adalah umur tman kamu tadi (digit ratusan dan puluhan) terus yang 5 itu tadi adalah jumlah keluarganya. Gini nih rumusnya :

1. Pikirkan umurmu ( n )
2. Kalikan dengan dua ( n x 2 = 2n)
3. Tambahkan dengan 10 ( 2n + 10)
4. Kalikan dengan 5 ( [2n + 10] x 5 = 10n + 50 )
5. Tambahkan dengan banyak anggota keluarga (10n + 50 + k)
(misalnya jumlah anggota keluarga 5)
6. kurangilah dengan 50 (10n + 50 + k – 50 = 10n + k)
7. Hasilnya (10n +k)
Bilangan 10n + k ini yang merupakan hasil akhir perhitungan menunjukkan bilangan umur n dan bilangan anggota keluarga itu bilangan k.

Nah gitu deh rumusnya …. Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s